Cerita dibalik Mitos Orang Lamongan Dilarang Makan Ikan Lele

Tercengang.net : Bagi pencinta kuliner Ikan, Ikan lele merupakan salah satu favorit, dagingnya yang lembur dan gurih sangat nikmat dimulut. Olahannya pun sangat beraneka ragam, mulai dari pecel lele hingga lele asam manis.

Namun dibalik nikmatnya Masakan dari ikan lele, ternyata ikan lele menyimpan mitos bagis sebagian orang terutama orang lamongan. Bagi orang lamongan ada mitos pantangan memakan ikan lele dari sejak leluhur mereka beratus-ratus tahun yang lalu.

Cerita yang mendasari orang lamongan memiliki pantangan makan ikan lele dikisahkan dalam buku yang berjudul "Sajen dan Ritual orang jawa, yang ditulis Wahyana Giri MC.

Ceritanya kurang lebih seperti ini, Pada saat Sunan Giri (salah satu dari wali songo) yang mempunyai nama lain Sultan Abdul Faqih singgah di lamongan dan berkunjung kerumah Mbok ROndo di Dusun Barang, Lamonga. Sunan Giri melepas semua pusakanya agar kedatangannya tidak terlihat menakutkan.

Setelah selesai bertamu, Sunan Giri kehilangan semua pusakanya, dia pun memanggil Ronggo Hadi yang pada saat itu merupakan penguasa Lamongan untuk mencari pusakanya. Ronggo Hadi meminta bantuan kepada pemuda sakti yang bernama  Boyopati dan Pusaka Sunan Giri dengan mudah ditemukannya.

Saat pusaka tersebut akan dibawa pulang, JOko Luwuk yang merupakan murid Sunan Giri ternyata tertarik dengan pusaka milik gurunya itu, Joko Luwuk pun ingin merebut pusaka Sunan Giri dari tangan Boyopati. Karena ingin mengamankan pusaka Sunan Giri dan ingin menyelamatkan diri dari kepungan pasukan Joko Luwuk, Boyopati terjun kesungai yang dipenuhi oleh ikan lele ganas.

Melihat sungai yang dipenuhi ikan lele, pasukan Joko Luwuk beranggapan Boyopati akan mati dimakan ikan lele, namun ternyata Boyopati sama sekali tidak diserang oleh ikan lele, malahan ikan lele ganas tersebut mengamankan Boyopati. Sambil meninggalkan sungai dengan kecewa, Joko Luwuk bersumpah anak dan keturunannya tidak akan makan lele sampai kapanpun.

Mitos mengenai keberadaan Boyopati didasar sungai itu sampai sekarang masih dipercayai banyak warga lamongan, mereka tidak akan makan lele meski dimasak dengan cara apapun.
Blog, Updated at: 1:51 PM
Diposkan oleh admin

1 komentar:

  1. keterunan orang lamongan , terutama orang glagah memang tidak boleh , dan lele adalah penyelamat seseorang ,

    ReplyDelete