Terlur Perjaka, Direbus Menggunakan Air Seni Perjaka

Tercengang.net : Sebuah warisan kuliner yang sangat aneh dan ekstim terdapat di daerah Dongyang, Cina. Namanya Telur Perjaka atau dalam bahasa mandarin disebur Tong Zi. Telur perjaka adalah telur rebus, namun yang membuatnya menjadi sangat aneh dan ekstrim yaitu telur ini tidak direbus menggunakan air biasa, melainkan direbus dengan air seni.
telur perjaka, foto : odditycentral

Tidak sembarang air seni yang digunakan untuk merebus telur ini, harus air seni dari lelaki yang masih perjaka dan umurnya tidak boleh lebih dari 10 tahun, anak lelaki perjaka yang air seninya digunakan untuk merebus telur juga harus dalam kondisi sehat, tidak terserang flu atau penyakit lainnya.

Belum diketahui apa alasannya mengapa harus menggunakan air seni, yang jelas tradisi ini sudah berumur ratusan tahun dan tetap dijaga sampai dengan sekarang, bahkan pemerintah setempat menobatkannya sebagai warisan budaya lokal pada tahun 2008, dan berniat untuk mengekspor kuliner eksrim ini agar semua orang dapat merasakan kelezatan dan khasiat dari telur perjaka.

Soal rasa, menurut warga setempat telur ini memiliki rasa yang sangat lezat, rasa "khas musim semi", rasanya segar, agak asam dan cenderung asin. Aromanya pun sangat tajam, bagi sebagian orang aromanya mungkin akan menghilangkan selera makan.
telur perjaka, foto : reuters

Masyarakat sekitar mempercayai jika memakan telur ini maka tidak akan terserang stroke dan bagus untuk kesehatan, namun hal ini diragukan oleh beberapa ahli pengobatan Cina karena proses pemasakannya yang tidak steril menggunakan air seni akan meningkatkan resiko higienitas yang mungkin bisa membahayakan kesehatan.
Blog, Updated at: 2:00 PM
Diposkan oleh admin

0 komentar:

Post a Comment