Ritual Menyeramkan Mumifikasi Suku Angga di Papua Nugini

Tercengang.net : Sebuah suku yang berada di dataran tinggi Morobe, Papua Nugini, memiliki teknik memumikan mayat yang sangat unik dan berbeda dengan teknik mumifikasi yang lain. Suku yang bernama Angga ini melakukan pengasapan kepada mayat sebelum dimakamkan dan ditaruh di atas tebing.

mumi suku angga, foto : merdeka.com

Proses mumifikasi yang dilakukan suku Angga sangat teliti dan cermat, langkah pertama adalah menggorok lutut, siku dan kaki mayat serta lemak ditubuh mayat dikeringkan sepenuhnya. Setelah itu tiang bambu yang audah dilubangi ditusukan ke perut mayat agar darah mengalir keluar, tetesan darah yang keluar tersebut dioleskan ke rambut dan kuit kerabat dari mayat tersebut, hal ini dipercayai akan memindahkan kekuatan dari orang yang sudah meninggal kepada kerabatnya.

Yang mungkin akan membuat anda tercengang adalah sisa cairan yang keluar dari tubuh mayat tersebut akan disimpan untuk digunakan sebagai minyak goreng. sementara itu, telapak kaki, lidah dan telapak tangan mayat akan disajikan kepada pasangan yang hidup.

Setelah proses mengeluarkan darah dan cairan, mata, mulut dan anus mayat akan dijahit, hal ini dpercaya dapat mengurangi udara yang masuk sehingga mencegah pembusukan.

Setelah semua proses tersebut, tubuh mayat akan dimasukan kedalam lubang api untuk dilakukan proses pengasapan dan setelah itu mayat akan dilumuri dengan tanah liat dan lempung merah yang digunakan sebagai kepongpong alami untuk mencegah kerusakan pada mayat.

2 komentar


EmoticonEmoticon