India Sediakan ATM Khusus Bagi Korban Perkosaan

Tercengang.net : Kasus perkosaan di India sudah sangat menghkawatirkan, bahkan sebuah penelitian menyebutkan, kasus perkosaan di India terjadi setiap 30menit sekali, dan sedikit sekali korban yang melapor kepada pihak yang berwajib karena merasa takut atau terancam.

foto : www.orissadiary.com

Dari masalah tersebut, pemerintah India membuat inovasi yang luar biasa. Seperti dilansir dari huffingtongpost, kepolisian India membuat alat canggih bernama Instant Complaint Logging Internet Kiosk (iClik) untuk mempermudah korban perkosan melaporkan kasusnya kepada kepolisian.

Bentuk dan prinsip kerja mesin ini hampir mirip seperti mesin ATM tempat seseorang mengambil uang. Ada tiga cara melapor menggunakan mesin ini, yang pertama mengetik secara manual, berbicara pada mesin tersebut, dan memasukan laporan tertulis kedalam mesin tersebut.

Mesin yang tersedia di Bank of Baroda ini, dinilai akan sangat bermanfaat bagi para korban perkosaan, pasalnya ditemukan beberapa aparat yang juga menodai korban perkosaan saat korban melapor.


EmoticonEmoticon