Permen-permen yang Dilarang Beredar di Beberapa Negara Karena Berbahaya

Tercengang.net : Permen adalah salah satu makanan favorit bagi masyarakat, semua kalangan menyukainya mulai dari anak kecil hingga dewasa. Harga yang murah, rasa yang manis segar membuat permen tidak pernah kehilangan penggemarnya, terutama anak-anak.

Namun ternyata ada beberapa permen yang dilarang peredarannya, banyak sebab dari larangannya mulai dari berdampak seperti narkoba, iklan yang provokatif dan lain-lain, berikut permen-permen yang dilarang peredarannya di beberapa negara :

1. Smarties, Berdampak memabukan seperti narkoba

Smarties adalah permen yang menyerupai kancing dan dilapisi gula warna-warni. Smarties produksi kanada dilarang peredarannya di Amerika Serikat karena dimanfaatkan oleh remaja Amerika untuk mabuk-mabukan. Smarties yang ditumbuk dan dihirup mempunyai efek yang sama dengan narkoba. Larangan terhadap permen ini tidak main-main, seorang kepala sekolah di Michigan bahkan sampai mengirim surat kepada orang tua murid untuk memperingatkan bahaya dari permen Smarties.

2. Lollipipe, Berbahaya karena bisa mendorong anak untuk merokok

Sejak muncul pertama kali, permen Lollipipe sudah menuai kecaman, pasalnya permen ini berbentuk pipa rokok yang menurut produsennya dapat juga digunakan sebagai pipa rokok sungguhan.

Walaupun permen ini tidak diperuntukan untuk anak-anak, namun permen ini menimbulkan kekhawatiran para orang tua. Permen ini disinyalir bisa membuat anak terpengaruh untuk merokok. Pada akhirnya peredaran permen ini sangat dibatasi dan beberapa minimarket di Amerika dilarang menjualnya.

3. Hippy Sippy, Berbahaya karena meniru budaya pengguna Narkoba

Permen ini muncul pada akhir tahun 60-an dan mencapai kesuksesan pada tahun 70-an. Pada saat itu budaya Hippie sedang tren di dunia yang dimanfaatkan Produsen untuk meraih kesuksesan Hippy Sippy. Permen ini lalu diberi kemasan berbentuk suntikan yang bermaksud meniru kebiasaan pengguna narkoba, hasilnya permen ini menuai banyak kecaman dan akhirnya peredarannya dihentikan.

4. Cigarette Candy, dilarang karena kemasannya menyerupai rokok

Dari nama dan kemasannya pasti sudah bisa ditebak mengapa permen ini dilarang beredar. CIgarette candy dilarang beredar dibeberapa negara karena mempunyai kemasan menyerupai rokok, dan bisa berpengaruh negatif.

5. Trolli Road Kill Gummy, dilarang karena mengajarkan anak kejam terhadap binarang

Permen ini dilarang perederannya karena konsep yang dikhawatirkan berpengaruh negatif, permen yang bertekstur kenyal ini mempunyai konsep hewan yang terlindas mobil dijalanan. Hal ini dikhawatirkan dapat mempengaruhi anak-anak untuk menjadi kejam dan menyiksa binatang. Akhirnya Trolli Road Kill Gummy dihentikan produksinya.

6. Kinder Surprise Egg, dilarang karena mengandung bahan non-pangan 

Permen yang satu ini tidak dilarang di indonesia, namun ternyata ternyata permen ini pernah dilarang di Amerika. Permen cokelat yang berbentuk telur ini sangat diminati anak-anak karena dibagian dalamnya terdapat mainan yang berbeda-beda.

Hingga beberapa tahun yang lalu, Kinder dilarang di Amerika Serikat, hal ini dikarenakan permen tersebut dinyatakan berbahaya karena mengandung bahan non-pangan. Kabar yang beredar ada dua anak meninggal karena tersedak mainan dalam kinder Eggs pada tahun 1974.
Blog, Updated at: 8:41 AM
Diposkan oleh admin

0 komentar:

Post a Comment