Terowongan Rakyat Palestina di Gaza yang Sangat Ditakuti Israel

Tercengang.net : Pasukan Israel tidak henti-hentinya menghancurkan terowongan-terowongan yang digunakan oleh penduduk Palestina. Pasukan Israel seperti sangat ketakutan dengan keberadaan terowongan ini. Sebenarnya apa yang membuat pasuka Israel benar-benar ketakutan dengan keberadaan terowongan bawah tanah yang digunakan oleh rakyat palestina?

foto :  lia Yefimovich/Getty Images

Terowongan-terowongan tersebut dibangun oleh rakyat dan pejuang palestina karena Israel memblokir akses warga Palestina untuk mendapatkan bantuan dari luar. Baru pada tahun 2006 israel membuka perbatasan, itupun setelah mendapat desakan dari Uni Eropa dan dengan syarat yang sangat ketat yang membuat rakyat palestina kesulitan.

Terowongan-terowongan tersebut berfungsi untuk mengangkut makanan dan obat-obatan, namun sejak tahun 1987 - 1993 atau perlawanan rakyat Palestina perama atas Israel, sebagian terowongan digunakan untuk menyelundupkan senajata dan para militan perang.
Terowongan-terowongan tersebut sangat vital keberadaannya bagi rakyat palestina, melalui terowongan tersebut rakyat palestina mendapatkan bantuan makanan, obat-obatan dan lain-lain dari luar palestina.

Israel sangat ketakutan dengan adanya terowongan-terowongan tersebut karena menurut pihak Israel terowongan tersebut dapat membahayakan keselamatan pasukan darat. Beberapa kali pasukan Hamas dapat membunuh pasukan Israel setelah melewati terowongan.


EmoticonEmoticon