Batu Sakura, Batu Langka yang Sangat Dilindungi di Jepang

Tercengang.net : Negara Jepang disebut juga dengan nama Negeri Sakura, mendapatkan julukan demikian karena di Jepang banyak tumbuh pohon sakura yang terkenal akan keindahannya. Nama Sakura di Jepang ternyata tidak hanya untuk nama pohon, ada juga batu yang diberi nama batu sakura karena bentuknya menyerupai bunga sakura.

foto : merdeka.com

Batu Sakura adalah batu subhexanogal kecil yang masuk kedalam jenis batuan metamorf yang disebut hornfels. Ketika batu tersbebut terbuka atau retak, bagian atas dari batu tersebut membentuk pola yang mirip dengan bunga sakura.

Batu Sakura sangat dilindungi di Jepang, hal ini karena proses pembentukannya saja memerlukan waktu yang sangat panjang, yaitu 100 juta tahun dibawah tanah, batu sakura terbentuk oleh panas intens dari lava cair.

Hal itu juga yang menyebabkan batu sakura sangat langka, batu sakura hanya dapat ditemukan di sentral jepang. Dan hal lain yang membuat batu ini sangat dilindungi adalah karena batu sakura sangat halus dan mudah sekali hancur atau rusak.

Untuk menjaga keindahan batu sakura, penduduk di Jepang melapisi batu sakura dengan larutan lem kayu yang diencerkan dengan air.


EmoticonEmoticon