Tradisi ini Aneh Banget, Masa Nyuri Istri Tetangga, Tapi Sah Loh

Tercengang.net : Suku Wodaabe Fula yang tinggal di negara Nigeria mempunyai tradisi unik yang disebut tradisi Gerewol atau tradisi mencuri istri. Disebut mencuri istri karena benar-benar mengambil istri orang lain untuk dijadikan istri barunya.


Sejak kecil suku Wwodaabe telah dinikahkan secara tradisi, pernikahan pertama yang mereka alami harus diantara sepupu yang seumur. Pada saat beranjak dewasa, barulah mereka mencari wanita lain yang akan dijadikan pendamping hidup sebenarnya.

Wanita lain yang dimaksud adalah tentu saja wanita yang telah menikah menurut tradisi, karena itulah festival ini disebut festival mencuri istri.

Dalam Festival mencuri istri ini, para pemuda Wodaabe akan berdandan setampan mungkin dan akan menari dan bernyanyi untuk bisa menarik perhatian perempuan muda sehingga bisa mengajaknya menikah.

Namun ada efek negatif dari tradisi pencurian istri ini, tradisi ini kerap menimbulkan perselisihan antara istri muda dan istri tua, wanita yang dicuripun harus hidup bersama suami barunya dan meninggalkan keluarga lamanya.

Jika di keluarga lama sang wanita telah memiliki anak, maka harus ditinggalkan. Hal tersebut membuat hubungan antara ibu dan anak di suku Wodaabe tidak terlalu kuat.


EmoticonEmoticon