HalalTest, Test Pack Untuk Cek Babi Dalam Makanan

Tercengang.net : Makanan halal atau haram selalu menjadi masalah yang dihadapi oleh masyarakat muslim. Banyak umat muslim yang sulit mengetahui komposisi suatu produk makanan, apakah halal atau tidak, apakah mengandung babi atau tidak.


Apalagi di tempat yang banyak penduduk non muslimnya, rasanya sangat sulit menentukan makanan mana yang halal dan tidak.

Sekarang, umat muslim tampaknya bisa sedikit bernafas lega karena telah ditemukan suatu alat yang dapat mendeteksi kandungan babi dalam makanan. Alat tersebut berupa test pack yang sangat mudah digunakan oleh siapapun.

Cara kerjanya adalah memasukan sampel makanan lalu dicampur dengan air hangat didalam tabung, setelah itu strip dimasukan, setelah beberapa menit hasilnya akan muncul, jika hasilnya satu garis maka makanan tersebut bebas dari babi, namun jika hasilnya adalah dua garis maka makanan tersebut positif menggunakan bahan dari babi.

Test pack ini dibuat oleh Jean-Francois Julien dari Prancis dan Abderrahmane Cahoui dari Aljazair, alat tersebut mereka namakan "HalalTest" . Ide pembuatan HalalTest sendiri bermula ketika sekitar dua tahun yang lalu muncul skandal daging sapi yang dicampur dengan daging kuda.

Untuk harga, HalalTest ini dijual cukup terjangkau yaitu 6.9 euro atau sekitar 106.570 rupiah per unit. HalalTest di klaim mempunyai akurasi untuk mendeteksi babi dalam makanan sampai 99%.

Alat yang akan sangat berguna bagi umat muslim ini rencananya akan dijual secara online.


EmoticonEmoticon