5 Presiden yang Rela Gajinya Dipotong Demi Negara

Tercengang.net : Memegang jabatan sebagai seorang presiden satu negara jelas bulan merupakan hal yang mudah, tugas dan tanggung jawab yang diemban seorang presiden selaku kepala negara tentu saja sangatlah besar. Oleh karena sangat besarnya tugas dan tanggung jawab seorang presiden maka bukan hal yang salah jika gaji yang didapat lebih besar dari pekerjaan lainnya.

Di belahan bumi ini, ternyata ada beberapa presiden yang rela gajinya dipotong demi kepentingan dan keselamatan negara, berikut 5 presiden yang rela gajinya dipotong demi negara :

1. Presiden Venezuela, Nicolas Maduro
Nicolas Maduro, foto taringa.net
 
Pada saat harga minyak dunia sedang turun, presiden Venezuela Nicolas Maduro berencana mengurangi gaji bulanannya, hal tersebut juga diterapkan kepada menteri-menteri dan pejabat lainnya. Hal ini dilakukan karena penerimaan visa Venezuela mayoritas berasal dari sektor migas.

2. Presiden Bolilvia, Evo Morales
evo morales, foto theindependent.sg


Presiden Bolivia, Evo Morales yang terpilih pada tahun 2006 meotong gajinya sampai 50%, presiden Bolivia Evo Morales hanya menerima gaji sebesar 1.800 dolar atau hanya sekitar 23,5 juta rupiah per bulannya.

Menurut dia, uang negara harus dihemat untuk memperbesar jumlah guru dan dokter.

3. Presiden Amerika Serikat, Barack Obama
obama, foto huffingtonpost.com


Pada tahun 2013 lalu, banyak pegawai pemerintahan Amerika yang terpkasa mengambil cuti tanpa menerima bayaran akibat dari pengurangan anggaran belanja. Demi solidaritas, Obama sebagai presiden Amerika serikat rela dipotong gajinya sebesar 5%. Pemotongan gaji obama itu berlangsung dari bulan Maret 2013 sampai bulan desember 2013.

4. Presiden Rusia, Vladimir Putin
vladimir putin, foto olympictalk.nbcsports.com
RUsia sejak tahun lalu mengalami krisis ekonomi, akibat dari hal itu, Vladimir Putin sebagai presiden menandatangani dekrit yang menyatakan dia dan sejumlah pejabat Rusia lainnya akan dipotong gajinya sebanyak 10%.

Pemotongan gaji ini akan berlangsung sejak Maret hingga akhir tahun ini dan bisa saja diperpanjang hingga tahun 2016.

5. Presiden Uruguay, Jose Mujica
Jose mujica, foto bbc.com

Presiden Uruguay, Jose Mujica mungkin adalah presiden yang mempunyai gaji paling kecil diantara semua presiden yang ada di dunia. Dia hanya mengambil sekitar 10% gajinya setiap bulan, 90% gajinya disumbangkan untuk amal.

Hal itu dia lakukan karena merasa masih banyak warga uruguay yang hidup dalam garis kemiskinan.

Bukan hanya itu, Jose Mujica juga menolak memakai mmobil dinas, dia hanya memakai mobil VW kodok seharga 18 juta rupiah.
Blog, Updated at: 9:44 AM
Diposkan oleh admin

1 komentar: