Jamur Pelawan, Jamur Termahal di Indonesia

Tercengang.net : Jamur adalah salah satu bahan masakan yang bisa diolah menjadi berbagai macam kuliner mulai dari makanan ringan hingga berat. Di salah satu pulau di Indonesia yaitu di pulau bangka, ada olahan jamur yang sangat mahal, bisa jadi merupakan jamur termahal di indonesia.

jamur pelawan, foto: zonabangkabelitung.com

Nama jamur termahal di Indonesia ini adalah Jamur pelawan, harga per kilogram nya bisa mencapai Rp. 2 jt. Jamur pelawan ini bisa ditemui di desa Naman, Kabupaten Bangka Tengah.

Harga jamur pelawan bisa sangat mahal karena membutuhkan banyak usaha dari alam (secara alami) agar bisa tumbuh baik. Jamur pelawan tumbuh setelah 2-3 bulan kemarau dan hujan sekitar 1 minggu. Ada juga kepercayaan masyarakat disana jika jamur Pelawan baru bisa tumbuh setelah ada petir.

Selain membutuhkan usaha alam, jamur pelawan hanya bisa dipanen 1-2 kali dalam satu tahun antara bulan september-oktober. Karena keunikannya, kini jamur Pelawan sedang diteliti oleh beberapa Ilmuwan Jepang.
jamur pelawan kering, foto : travelkompas.com

Jamur Pelawan biasa disajikan sebagai menu masakan dalam tradisi makan bedulang khas bangka. Jika anda berkunjung kesana, anda bisa mencicipi jamur termahal di Indonesia ini dalam bentuk nasi bedulang yang berisi 6 Lauk untuk 4-5 orang seharga Rp. 300 ribu. Selain dibuat nasi bedulang, Jamur Pelawan juga dijual dalam bentuk kering.

Baca juga : Video Laci terbuka sendiri yang bikin heboh warga bogor
Invite Channel terecengang,net di bbm, invite pin nya C00487E5

1 komentar so far

Jamur pelawan hanya ada di Bangka, tepatnya di Desa Namang, Kecamatan Namang, Kabupaten Bangka Tengah. Dari Pangkalpinang, ibukota provinsi ini sekitar 24 km ke arah Jl. Koba. Setelah sampai di Desa Namang masuk ke dalam sekitar 6 km.

Di hutan Pelawan ini terdapat pohon pelawan yang juga hanya ada di Bangka. Pohon pelawan ini unik dan sari bunganya dihisap oleh lebah hutan yang juga hanya di hutan ini, pohon pelawan penghasil madu pahit yang sangat berkhasiat banyak bagi kesehatan.


EmoticonEmoticon