Fakta-Fakta Menarik Lampu Merah yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Lampu lalu lintas atau banyak disebut lampu merah setiap hari kita lewati, banyak suka dan duka saat melewati lampu yang mengatur arus lalu lintas ini. tercengang.net akan sedikit memberikan fakta-fakta menarik seputar Lampu lalu lintas atau lampu merah yang mungkin belum kamu tahu, ini dia fakta-faktanya :


1. Lampu lalu lintas sering disebut oleh orang indonesia dengan sebutan Lampu Merah

2. Pada tahun 1863 sebelum lampu merah ditemukan sinyal Stop & Go digunakan di Inggris untuk mengatur lalu lintas, namun suatu hari sinyal stop & go ini meledak sehingga tidak dipergunakan lagi

3. Pada awal penemuannya, lampu lalu lintas berbentuk seperti huruf T, dan terdiri dari tiga warna lampu, Merah untuk berhenti, Kuning untuk bersiap berhenti dan Hijau untuk Jalan.

4. Lampu lalu lintas atau lampu merah menurut cakupannya dibagi menjadi tiga yaitu Lampu lalu lintas terpisah, lampu lalu lintas jaringan dan lampu lalu lintas terkoordinasi.

5. Berdasarkan cara pengoperasiannya, lampu lalu lintas dibagi menjadi dua yaitu lampu lalu lintas mengguanakan waktu yang berubah dari waktu ke waktu dan lampu lalu lintas yang menggunakan waktu tetap atau tidak berubah.

6. Lampu lalu lintas pertama kali dipasang dibagian luar gedung parlemen di Inggris oleh sarjana lalu lintas yang bernama, J.P Knight.

7. Lampu lalu lintas modern unruk pertama kali ditemukan di Amerika pada tahun 1912 di Salt Lake City oleh seorang polisi, Utah, Lampu merah ini dijalankan dengan tenaga listrik.

8. Tahun 1923 Lampu lalu lintas tiga warna pertama dibuat oleh seorang petugas polisi, William Potts, di Detroit

9. Di beberapa kota besar di Indonesia, keberadaan Lampu lalu lintas masih dipandang sebelah mata oleh pengendara, hal ini terbukti dengan banyaknya pelanggaran seperti menerobos lampu merah dan menambah kecepatan saat lampu kuning.


EmoticonEmoticon