Shantara, Puasa Hingga Mati Dalam Kepercayaan Jain di India

Tercengang.net : Dalam beberapa agama, puasa adalah ritual atau salah satu bentuk ibadah yang lazim dilakukan. Puasa menahan diri dari haus dan lapar serta hawa nafsu. Namun dalam sebuah agama di India terdapat ritual puasa yang sangat aneh dan tidak biasa. Agama minoritas Jain di India, mempunyai ritual berpuasa hingga mati.

shantara

Ritual puasa hingga mati ini bernama Santhara, penganut kepercayaan Jainisme yang melaksanakan ritual Santhara diharuskan membuat sumpah untuk berpuasa berhenti makan dan minum serta melepaskan segala bentuk hal yang bersifat duniawi hingga meninggal.

Penganut jainisme percaya jika Santhara dapat membersihkan diri dari karma buruk dan mencapai 'Moksha' , Moksha adalah pembebasan dari siklus duniawi kematian dan reinkarnasi.
Setiap tahunnya, ratusan penganut jainisme mengambil sumpah untuk melakukan Santhara, 60 persen dari mereka adalah kaum wanita.

Ritual puasa sampai mati ini tidak bisa dilakukan sembarangan, seseorang yang hendak melaksanakannya harus terlebih dahulu mendapatkan persetujuan dari pihak keluarga dan kerabat. Setelah mendapatkan persetujuan, barulah boleh melakukan Santhara. Dalam prosesnya, jika seseorang yang menjalankan Santhara tidak dapat menahan diri dari hal-hal yang bersifat duniawi, maka dia harus segera mengehentikan puasanya.


EmoticonEmoticon