Tradisi Sasi, Kunci Kelestarian Raja Ampat

Tercengang Keajaiban Alam : Tradisi Sasi Masyarakat Raja Ampat. Keindahan Laut Raja Ampat di Sudah Mendunia, Bisa dibilang Raja Ampat adalah salah satu surga yang ada di Bumi. Keindahan panorama, kekayaan flora faunanya, keindahan taman bawah lautnya, semua itu mampu membuat orang-orang berdecak kagum.


Ternyata, Tradisi masyarkat disana sangat banyak berpengaruh bagi keindahan dan kelestarian Raja Ampat. Masyarakat disana sangat menjaga Raja Ampat.

Masyarakat disana mempunyai Tradisi yang disebut Sasi, Tradisi Sasi adalah tradisi dimana masyarakat tidak terus menerus mengambil hasil laut. Dalam tradisi Sasi, warga diberikan batasan-batasan waktu untuk mengambil hasil laut.


Tradisi Sasi membuat kekayaan Laut tidak habis-habis. Pada saat waktu Sasi, hasil laut seperti ikan, udang, lobster, teripang dan lain-lain dapat berkembang biak sehingga terus lestari.

Masyarakat disana percaya bahwa jika pada saat Sasi mereka memaksakan mengambil hasil laut, maka akan terjadi malapetaka. Hal tersebut membuat mereka mencari sumber lain untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Tradisi Sasi ini sudah dilakukan sejak dahulu kala, bisa dibayangkan jika tidak ada tradisi Sasi ini, mungkin keindahan dan kelestarian Raja Ampat tidak akan seperti sekarang.


EmoticonEmoticon