Fakta Tahun Baru Imlek yang Jarang Orang Tahu

28 Januari 2018 masyarakat entis tionghoa akan merayakan tahun baru imlek, mungkin belum banyak orang yang tahu jika tahun baru imlek mempunyai beberapa fakta menarik. Berikut fakta tahun baru imlek yang jarang orang tahu :
Fakta Tahun Baru Imlek yang Jarang Orang Tahu
sumber foto

1. Tanggal yang bervariasi

Tanggal tahun baru imlek berubah setiap tahun dalam kalender masehi sesuai dengan Chinese lunar calendar. Tanggal tahun baru imlek biasanya antara 21 januari sampai 20 februari.

2. Disebut juga festival musim semi

Walaupun tahun baru imlek biasanya jatuh pada musim dingin, tahun baru imlek sering disebut sebagai festival musim semi.

3. Shio Baru

Tahun baru imlek berarti shio baru di tahun tersebut, untuk tahun baru imlek 2018, shionya adalah Shio ayam api.

4. Dirayakan oleh lebih dari 1/5 populasi dunia

Cina adalah bangsa dengan jumlah penduduk terbanyak, oleh karena itu tahun baru imlek juga dirayakan oleh banyak sekali orang di dunia. Diperkirakan lebih dari 1/5 populasi di dunia merayakan tahun baru imlek.

5. Jutaan amplop merah akan digunakan

Pada perayaan imlek, sudah menjadi tradisi memberikan angpau dengan ciri khas amplop merah. Oleh karena itu pada perayaan imlek, diperkirakan jutaan amplop merah akan digunakan.

6. 4% populasi dunia akan berpindah

Masyarakat tionghoa mempunyai tradisi mudik saat tahun baru imlek untuk merayakannya bersama keluarga dikampung halaman. Diperkirakan 4% populasi dunia akan berpindah saat perayaan imlek ini.

7. Menjadi perayaan dengan festival kembang api terbesar

China memproduksi hampir 90 persen kembang api di dunia dan perayaan tahun baru imlek akan menjadi perayaan dengan kembang api terbesar di dunia yaitu pada saat tengah malam saat pergantian tahun.

8. Ucapan tahun populer untuk 2017

Ucapan selamat tahun baru imlek yang akan populer tahun 2017 adalah Jínián jíxiáng (Good luck for this Rooster year) , Jínián dàjí (Lots of luck for this Rooster year)

referensi artikel : chinahighlights.com
Blog, Updated at: 2:46 PM
Diposkan oleh admin

0 komentar:

Post a Comment